WHAT'S NEW?
Loading...

Perkenalan DataBase

A. Pengertian DataBase
  • Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputersecara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu programkomputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
  • Database adalah representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan(redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
  • Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula
  • Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatuorganisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secaraterintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputersehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan olehpara pengguna.
B. Sejarah Database


Database telah digunakan sejak masa awal komputasi elektronik. Tidak seperti sistem modern yang dapat diterapkan ke database secara luas dan kebutuhan yang berbeda, sebagian besar sistem yang lebih tua yang erat terkait dengan database kustom untuk mendapatkan kecepatan dengan mengorbankan fleksibilitas. Awalnya DBMSs ditemukan hanya dalam organisasi besar dengan perangkat keras komputer yang dibutuhkan untuk mendukung set data yang besar.


 Awal 1960 Charles Bachman > Integrated Data Store

 Akhir 1960 IBM > IMS(Information Management System)

 Akhir 1980 dan 1990 >IBM DB2,Oracle,Informix

0 comments:

Post a Comment